Kegiatan Rutin Penagihan Piutang Pajak

Kegiatan Penagihan Piutang Pajak oleh Kepala UPT PPD Pontianak Wil I, Kasi Penagihan, dan Staf Penagihan

Pegawai Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPT PPD)  Pontianak Wilayah I melakukan penagihan Piutang Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Penagihan piutang pajak merupakan salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh Pegawai BAPENDA Provinsi Kalimantan Barat. Piutang pajak timbul dikarenakan  sudah tercetaknya Surat ketetapan Pajak Daerah (SKPD) atau biasa yang dikenal dengan notis pajak, namun tidak disertai dengan pelunasannya. Banyak alasan yang menyebabkan timbulnya piutang, salah satu diantaranya adalah wajib pajak tidak  memiliki cukup uang untuk membayar pajak kendaraan tersebut sehingga ditunda maupun tidak dilakukan pembayaran sampai tahun anggaran berakhir.

UPT sebagai unit pelaksana yang secara operasional melakukan tugas lapangan berhadapan langsung dengan wajib pajak. Berbagai kendala ditemui dalam melakukan penagihan piutang pajak Kendaraan Bermotor mulai dari alamat tidak jelas, penggunaan nama orang lain dalam pembelian kendaraan, kendaraan sudah di jual kepada orang lain,  pemilik sudah pindah ke tempat lain, sampai kepada  wajib pajak yang enggan melakukan pembayaran piutang pajak.

Alamat yang tidak jelas merupakan salah satu masalah yang cukup banyak ditemui di lapangan. Hal ini dikarenakan alamat Wajib Pajak itu sendiri yang tidak jelas atau dapat juga karena pengembangan RT/RW sehingga menyebabkan alamat sudah berubah tidak sebagaimana yang tertera dalam SKPD. Kondisi ini tentu perlu keterangan dari RT/RW yang ada di daerah tersebut.  Oleh karena itu, penagihan piutang tidak hanya dilaksanakan pada hari kerja namun dapat saja dilakukan pada hari libur agar dapat bertemu dengan RT/RW untuk kejelasan wajib pajak yang memiliki piutang pajak tersebut. Dengan harapan pada hari libur RT/RW berada di rumah  sehingga informasi-informasi yang diperlukan dapat diperoleh.

Meskipun menghadapi berbagai kendala, Personil pada Seksi Penagihan UPT PPD Pontianak Wilayah I tetap semangat melakukan tugasnya. Kalau piutang pajak tidak dapat diselesaikan, maka piutang pajak akan tetap tercatat dalam laporan keuangan setiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *