Cek PKB, Gunakan Aplikasi Samsat Kalbar

Pontianak- Sekarang untuk mengecek Pajak Kendaraan Bermotor tidak lah susah, karena Samsat Pontianak sudah memiliki aplikasi terbaru. Yakni aplikasi Samsat Kalbar, aplikasi ini sendiri bisa dilakukan di mana saja.

Seperti yang disampaikan Kasi Penetapan Riyan Trihadi, S.Ip, bagi wajib pajak untuk mengecek besaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) lebih gampang, karena sudah dapat menguduh aplikasi di smartphone nya.

“Bisa menginstal aplikasi di smartphone di Google play, dengan nama Samsat Kalbar,”ucap Riyan.

Pajak kendaraan bermotor yang dimaksud merupakan pajak aja, tanpa ganti plat atau STNK. Untuk biaya ganti plat atau STNK sendiri, untuk kendaraan roda dua dikenakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 160.000,- sedangkan untuk mobil dikenakan biaya PNBP sebesar Rp 300.000,-.

Untuk menu pengecekan PKB diaplikasi Samsat Kalbar, ada beberap item di sana seperti, Simpan Nopol, Info PKB dan sebagainya. Sementara untuk pelayanan pajak kendaraan bermotor bisa menggunakan fasilitas gerai bank Kalbar, drive thru museum, gerai Kantor Gubernur, gerai Bank Kalbar Serdam, Gerai Bank Kalbar Parit Baru, Gerai Bank Kalbar Seruni, samsat keliling jadwal bisa dilihat di Istagram, samsat Home service dengan menghubungi Hp/WA 08115674187.

“Bahkan sekarang ini untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor bisa langsung dari rumah,”papar Riyan.

Dijelaskan Riyan, program mobile banking ini wujud kerjasama pihak Bapenda Prov Kalbar bersama Bank Kalbar. Mobile banking ini sendiri wujud lanjutan dari program sebelumnya, yakni E-Samsat menggunakan via Anjungan Transaksi Mandiri (ATM).

“Program ini merupakan tindaklanjut dari E-Samsat yang sudah diluncurkan sejak 2018 lalu. Kita upgrade bersama Bank Kalbar, sehingga bagi nasabah Bank Kalbar bisa melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dengan mobile banking tadi,”tutup Riyan. (bud/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *